Kenapa Daripada Sama Mertua atau Orang tua, Ngontrak Seadanya Lebih Baik?

Lebih baik berdua saja, meski satu petak rumahnya! Tak apa yang penting bisa buat betah dan nyaman!

Kondisi finansial pasangan baru biasanya belum mapan dan membuat mereka berpikir dua kali untuk hidup terpisah dari orangtua atau mertua. Padahal kamu justru akan menemukan lebih banyak masalah jika kamu melakukannya, kenapa?

1. Uang boleh mepet, tapi rezeki pengantin baru tak pernah seret
Banyak orang bilang pernikahan itu membawa banyak berkah, termasuk pada rezeki yang kita dapatkan. Entah dari mana, selalu ada saja uang yang datang untuk memenuhi kebutuhan pernikahan hingga pasca pernikahan.

2. Kita harus menghormati orangtua dan mertua, tapi tak harus serumah juga
Meski sudah memiliki rumah tangga sendiri kita tetap tidak bisa lepas dari peran orang tua maupun mertua yang sudah jelas-jelas adalah keluarga kita. Tapi tak perlu juga harus serumah dengan mereka setelah kita menikah. Karena apa? Bagi yang pernah merasakan tinggal serumah dengan mertua banyak keluh kesahnya.

3. Bukan hanya karena ego dan gengsi, tapi pasangan baru memang butuh privasi

Ego dan gengsi untuk segera bisa memiliki rumah sendiri mungkin memang dirasakan bebera pasangan, tapi tidak semuanya. Sebab yang jelas kenapa harus berpisah dari orang tua dan mertua adalah karena setelah menikah pasangan baru membutuhkan privasi.
4. Dengan tinggal sendiri, kita juga akan belajar untuk bisa lebih mandiri
Belajar menjadi lebih mandiri sangat penting untuk pasangan yang baru menikah. Kehidupan yang akan mereka hadapi ke depannya akan jauh lebih sulit dari yang sekarang ada di depan mata. Kalau masih terus diikat orang tua, kapan mandirinya?

5. Sebaik apapun orangtua dan mertua, numpang tetap nggak enak rasanya

Meski hanya satu petak kamar, rasanya tetap lebih nyaman kalau itu adalah milik kita sendiri, bukan numpang. Tinggal satu atap dengan orang tua atau mertua pasti akan memicu banyak perdebatan dan permasalahan. Belum lagi rasa sungkan dan semacamnya yang memang susah dihilangkan.
Apalagi jika ditambah sudah memiliki momongan, pokonya rasanya nano nano …

Permasalahan hidup tak seketika berakhir setelah janur kuning melengkung. Justru itulah awal dari kehidupan mereka sebenarnya. Right?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s